Ini adalah daftar pendek editor teks grafis favorit saya untuk Linux yang dapat diklasifikasikan sebagai IDE (lingkungan pengembangan terintegrasi). Di sini, saya memberikan pro dan kontra bekerja dengan yang berikut:
gedit
Gedit mungkin adalah editor teks yang paling saya gunakan dan editor teks resmi dari lingkungan desktop GNOME. Saya sudah menulis lebih banyak di sini .
Sementara bertujuan pada kesederhanaan dan kemudahan penggunaan, gedit adalah editor teks tujuan umum yang kuat dirilis di bawah ketentuan GNU General Public License dan merupakan perangkat lunak gratis.

Fitur

gedit mencakup penyorotan sintaks untuk berbagai kode program dan format markup teks (C, C ++, Java, HTML, XML, Python, Perl, dan banyak lainnya). gedit juga memiliki tab GUI untuk mengedit banyak file. Tab dapat dipindahkan di antara berbagai jendela oleh pengguna. Itu dapat mengedit file jarak jauh menggunakan pustaka GVFS (GnomeVFS sekarang sudah ditinggalkan). Ini mendukung sistem undo dan redo penuh serta pencarian dan penggantian. Fitur berorientasi kode khas lainnya termasuk penomoran baris, pencocokan braket, pembungkus teks, penyorotan garis saat ini, lekukan otomatis, dan cadangan file otomatis.
Fitur-fitur gedit termasuk pemeriksaan ejaan multi bahasa dan sistem plugin yang fleksibel memungkinkan penambahan fitur baru, misalnya cuplikan dan integrasi dengan aplikasi eksternal termasuk terminal Python atau Bash. Sejumlah plugin disertakan dalam gedit itu sendiri, dengan lebih banyak plugin dalam paket gedit-plugins dan online.
gedit memiliki panel samping opsional yang menampilkan daftar file yang terbuka dan (di tab yang berbeda dari panel samping) browser file. Ini juga memiliki panel bawah opsional dengan konsol Python dan (menggunakan gedit-plugins) terminal. gedit secara otomatis mendeteksi ketika file yang terbuka diubah pada disk oleh aplikasi lain dan menawarkan untuk memuat ulang file itu. Menggunakan plugin (dalam paket gedit-plugins), gedit dapat menyimpan dan memuat sesi, yang merupakan daftar tab yang saat ini terbuka

Instalasi

gedit harus tersedia di semua distribusi Linux, sehingga Anda dapat menginstalnya dengan manajer paket distribusi linux Anda.


Geany

Geany adalah IDE kecil dan ringan. Itu dikembangkan menjadi kecil dan cepat, yang hanya memiliki beberapa dependensi dari paket lain. Tujuan lain adalah untuk menjadi sebebas mungkin dari Lingkungan Desktop khusus seperti KDE atau GNOME, Geany hanya membutuhkan pustaka runtime GTK2.
Ini adalah perangkat lunak gratis yang dilisensikan berdasarkan ketentuan GNU GPL versi 2 atau lebih baru.

Fitur

  • Penyorotan sintaksis
  • Lipat kode
  • Nama simbol Pelengkapan otomatis
  • Bangun penyelesaian / cuplikan
  • Penutupan otomatis tag XML dan HTML
  • Call tips
  • Banyak tipe file yang didukung termasuk C, Java, PHP, HTML, Python, Perl, Pascal
  • Daftar simbol
  • Navigasi kode
  • Bangun sistem untuk mengkompilasi dan menjalankan kode Anda
  • Manajemen proyek sederhana
  • Antarmuka plugin

Teks Sublim

Sublime Text adalah teks lintas-platform dan editor kode sumber dengan API Python. GUI terinspirasi oleh Vim. Fungsionalitasnya juga dapat diperluas dengan paket-paket luhur; Sublime Text bukan perangkat lunak sumber terbuka atau perangkat lunak bebas, tetapi beberapa paket yang diperluas memiliki lisensi perangkat lunak bebas dan dibuat dan dikelola masyarakat.

fitur

  • Dukungan bahasa
Teks Sublime mendukung sejumlah bahasa pemrograman yang berbeda dan dapat menyoroti sintaks untuk C, C ++, C #, CSS, D, Dylan, Erlang, HTML, Groovy, Haskell, Java, JavaScript, LaTeX, Lisp, Lua, Markdown, MATLAB, OCaml, Perl, PHP, Python, R, Ruby, SQL, Tcl, Tekstil, dan XML. Selain yang disertakan dengan paket awal, pengguna dapat mengunduh add-on untuk mendukung bahasa lebih lanjut.
  • Penyelesaian otomatis
Fitur umum dalam editor teks, Sublime Text akan menawarkan untuk menyelesaikan entri saat pengguna mengetik tergantung pada bahasa yang digunakan. Itu juga secara otomatis melengkapi variabel yang dibuat oleh pengguna.
  • Sorotan sintaks dan tampilan kontras tinggi
Latar belakang gelap pada Sublime Text dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah kontras dengan teks dan karena jenis sintaks tertentu disorot warna yang berbeda ini menonjol lebih baik dibandingkan dengan latar belakang daripada jika itu terang.
  • Pembuatan kode dalam editor
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan kode untuk bahasa tertentu dari dalam editor itu sendiri yang menghilangkan kebutuhan untuk beralih ke baris perintah dan kembali lagi. Fungsi ini juga dapat diatur untuk membuat kode secara otomatis setiap kali kode disimpan.
  • Cuplikan
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan blok kode yang sering digunakan dan memberikan kata kunci kepada mereka. Pengguna kemudian dapat mengetikkan kata kunci dan tekan tab untuk menempelkan blok kode kapan pun mereka membutuhkannya.
  • Goto apapun
Fitur ini adalah alat navigasi yang memungkinkan pengguna untuk berpindah antar file dan juga di dalamnya.
  • Fitur lainnya
Sublime Text memiliki sejumlah fitur selain ini termasuk save uto yang mencegah pengguna kehilangan pekerjaan mereka. Ikatan kunci yang dapat disesuaikan, alat navigasi yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan tombol pintas ke pilihan pilihan mereka di menu dan bilah alat. Fitur find as you type digunakan untuk mencari dokumen dan mulai mencari teks yang dimasukkan sebagai tipe pengguna. Demikian pula fungsi periksa ejaan mengoreksi saat Anda mengetik. Sublime Text menawarkan fitur otomasi lebih lanjut termasuk penggunaan Makro dan kemampuan untuk mengulangi tindakan terakhir. Ada juga berbagai pilihan perintah pengeditan, termasuk indentasi / penghentian, pemformatan paragraf dan penggabungan baris.
Satu-satunya masalah dengan Sublime Text adalah itu tidak gratis dan bukan open source. Namun Anda dapat menggunakan versi evaluasi yang secara fungsional identik dengan versi lengkap, Tidak ada batasan waktu untuk evaluasi. Satu-satunya perbedaan adalah jendela sembulan yang meminta Anda untuk mempertimbangkan membeli versi lengkap ($ 70).
Perangkat lunak ini dapat diunduh dari situs web resmi untuk linux pada 32 dan 64 bit.

Edit

jEdit adalah editor teks programmer matang dengan ratusan (menghitung waktu pengembangan plugin) orang-tahun pengembangan di belakangnya. Sementara jEdit mengalahkan banyak alat pengembangan mahal untuk fitur dan kemudahan penggunaan, dirilis sebagai perangkat lunak gratis dengan kode sumber lengkap, disediakan berdasarkan ketentuan GPL 2.0.

fitur

  • Ditulis dalam Java, jadi itu berjalan di Mac OS X, OS / 2, Unix, VMS dan Windows.
  • Bahasa makro bawaan; arsitektur plugin yang dapat diperluas. Ratusan makro dan plugin tersedia.
  • Plugin dapat diunduh dan diinstal dari dalam jEdit menggunakan fitur "plugin manager".
  • Indentasi otomatis, dan penyorotan sintaksis untuk lebih dari 200 bahasa.
  • Mendukung sejumlah besar penyandian karakter termasuk UTF8 dan Unicode.
  • Lipat untuk menyembunyikan area teks secara selektif.
  • Bungkus kata.
  • Sangat dapat dikonfigurasi dan disesuaikan

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk 4 editor teks untuk Linux