Saya ingat kesalahan pertama saya dengan dasar pada komputer Spectrum ZX saya kembali pada 1980-an, membajak halaman-halaman perintah dasar dan contoh kode tanpa ide nyata bagaimana saya bisa menulis program sendiri. Rasanya seperti membaca kamus di mana saya bisa belajar kata-kata tertentu dan artinya dengan informasi terbatas tentang bagaimana saya bisa menyusunnya menjadi seluruh kalimat untuk menulis dokumen. Setiap programmer yang mencoba-coba dasar mungkin telah menemukan rutin "Hello Word" yang terkenal yang terdiri dari program dua baris yang mencetak frasa ini tanpa batas di layar.


Kode program Anda perlu ditulis sebagai petunjuk langkah demi langkah menggunakan perintah yang dimengerti oleh bahasa pemrograman pilihan Anda. Ini berarti membaca manual pemrograman Anda untuk mempelajari perintah mana yang perlu Anda gunakan untuk apa yang Anda ingin program Anda lakukan. Dalam contoh "Hello World" Anda pertama-tama akan memerlukan perintah yang mencetak "Hello World" di layar, dan kemudian Anda akan memerlukan perintah kedua untuk mencetaknya lagi beberapa kali, tanpa menulis banyak pernyataan cetak.
Lihatlah contoh ini. Untuk mempermudah, saya menggunakan dasar sekolah lama dengan nomor baris - mungkin karena saya seorang retro-freak.
10 cetak "Hello World" 
20 kebagian 10
Struktur terbaik untuk menulis kode program apa pun adalah membuatnya jelas dan mudah diikuti. Beberapa programmer menempatkan banyak perintah pada satu baris yang dapat membuat kode Anda sulit untuk diikuti jika Anda mencoba untuk menghilangkan bug. Menyebarkan kode Anda melalui beberapa baris sebenarnya membuat program bekerja lebih baik dan menjadi lebih mudah dibaca.
Praktik lain yang disarankan adalah untuk memisahkan setiap bagian dari kode program Anda menggunakan Pernyataan REM. REM (kependekan dari Remark) memungkinkan Anda untuk memberikan komentar sebelum setiap bagian kode untuk mengingatkan Anda apa yang dilakukan setiap bagian. Ini sangat berguna jika Anda ingin mengedit kode Anda di kemudian hari.
10 rem Mengatur Variabel 
20 let A = 1: let B = 2 
30 rem ******* 
40 rem Cetak Variabel ke Layar 
50 rem ******* 
60 print A, B
Apa pun setelah perintah REM diabaikan oleh komputer dan Anda dapat menggunakan sebanyak mungkin pernyataan REM yang Anda inginkan untuk membuat celah yang lebih besar dalam kode Anda agar mudah dibaca. Bahasa pemrograman lain memungkinkan Anda untuk menggunakan baris kosong atau membuat baris pertama dari rutin.
Sekarang saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menyusun seluruh kode program. Ingat bahwa komputer harus mengikuti instruksi langkah demi langkah sehingga Anda harus menulis setiap instruksi sesuai urutan yang Anda inginkan untuk dijalankan.
KONSTRUKSI KODE
Mengatur resolusi dan variabel layar: Bagian pertama dari program Anda akan mengatur resolusi layar dan variabel.
Baca informasi ke dalam array: Jika Anda memiliki informasi yang ingin Anda masukkan ke dalam array menggunakan perintah DIM maka Anda dapat menggunakan loop For / Next dan perintah BACA. Yang terbaik adalah menempatkan pernyataan data untuk dibaca oleh array pada akhir program Anda.
Siapkan layar utama: Ini adalah bagian di mana Anda akan menggunakan subrutin (Perintah GOSUB) untuk mengatur layar utama. Dalam game tipe shoot-em-up Anda akan memiliki rutinitas yang menggambar sprite dan layar game dan kemudian kembali ke baris berikutnya dari kode itu berasal.
Loop Program Utama: Setelah program berjalan dan menjalankan loop program utama melompat ke berbagai rutin menggunakan subrutin dan kemudian kembali ke baris berikutnya dalam loop.
Rutinitas Program: Merupakan struktur yang baik untuk menempatkan semua rutinitas pemrograman setelah loop utama. Anda akan memiliki rutinitas terpisah yang memperbarui layar, memeriksa input joystick, memeriksa deteksi tabrakan dan sebagainya. Setelah setiap pemeriksaan Anda kembali ke loop utama.
Pernyataan Data: Akhirnya Anda dapat membuat daftar semua pernyataan data di akhir program yang membuatnya lebih mudah untuk ditemukan dan diperbaiki jika perlu.
KESIMPULAN
Membuat kode Anda dengan banyak Pernyataan REM dan garis pendek membuat kode Anda terlihat lebih bersih dan lebih mudah diikuti. Mungkin ada waktu Anda ingin meningkatkan program atau menggunakan rutin untuk program lain.

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda ⇛   

0 komentar untuk Cara Menyusun Kode Pemrograman Anda